kolam ikan batu alam

15 Model Kolam Ikan Batu Alam Minimalis, Terbaru 2019

Kolam ikan batu alam – Jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang penuh dengan polusi udara dan kebisingan, tentunya Anda membutuhkan sesuatu yang menyegarkan di rumah. Biasanya, orang-orang memilih membuat taman di halaman rumah. Namun, hal ini akan sulit diwujudkan apabila halaman yang dimiliki berukuran kecil atau sempit.

Solusi lain yang dapat dilakukan selain taman adalah kolam ikan. Pembuatan kolam ikan tidak memerlukan halaman yang luas seperti taman, namun dapat memberikan kesegaran yang sama. Kolam ikan juga dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan apabila Anda dan keluarga memiliki hobi memelihara binatang.

Material Pembuatan Kolam Ikan

Model kolam ikan yang dimaksud di sini adalah kolam ikan minimalis. Dalam pembuatan kolam ikan minimalis, tidak memerlukan material yang banyak dan menghabiskan banyak biaya. Material penting yang dibutuhkan adalah batu alam.

Seperti yang kita ketahui, batu alam memang sudah sangat familiar untuk pembuatan bangunan ataupun elemen-elemen pendukung bangunan. Fisiknya yang indah dan memberikan kesan alami membuatnya disukai masyarakat. Karena sifatnya tersebut, banyak masyarakat yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan kolam ikan.

Kelebihan Kolam Ikan Batu Alam

  1. Memberikan kesan alami, segar, dan asri

Batu alam merupakan material alami yang dapat memberikan keindahan pada kolam ikan. Adanya kolam ikan batu alam akan menjadi penyegar pikiran setelah seharian beraktifitas.

  1. Kuat dan tahan lama

Kekuatan batu alam sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebagai contoh, bangunan candi-candi yang ada di Indonesia masih berdiri tegak hingga saat ini, padahal sudah dibangunan sejak ratusan tahun lalu. Batu alam lebih kuat dibandingkan dengan material lainnya. Inilah mengapa harga batu alam pun relatif lebih mahal dibanding material lain.

  1. Mudah dikreasikan menjadi berbagai bentuk model

Banyaknya warna, corak, dan ukuran yang dimiliki batu alam membuatnya mudah dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan model. Tidak semua jenis batu alam bersifat keras, ada pula batu alam yang cenderung lunak sehingga lebih mudah untuk dibentuk. Namun sebaiknya untuk pembuatan kolam ikan batu alam, gunakan jenis batu yang keras dan tidak berporositas, seperti batu andesit.

  1. Material yang mudah didapatkan

Saat ini, bukanlah hal yang sulit untuk menemukan batu alam. Hampir di semua toko bangunan menyediakannya dengan berbagai varian harga. Bahkan seiring dengan semakin majunya teknologi marketing, kini penjualan batu alam sudah mencapai ranah online. Toko-toko online sudah banyak yang menyediakan batu alam dengan pengiriman ke seluruh Indonesia, seperti CV. Sinergi Stone Cirebon.

  1. Perawatan tidak sulit

Apabila suatu waktu kolam ikan batu alam kotor, Anda hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sikat atau kain. Namun jika kotoran yang menempel cukup sulit dibersihkan, Anda perlu menyiramnya terlebih dahulu menggunakan air sabun, lalu dibersihkan dengan sikat lantai. Untuk mencegah tumbuhnya lumut, jangan lupa melapisi batu alam dengan cairan coating setelah selesai pemasangan.

Kekurangan Kolam Ikan Batu Alam

Ada kelebihan, ada kekurangan. Seperti halnya kolam ikan batu alam. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, kolam ikan batu alam juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan, di antaranya :

  1. Beberapa jenis batu alam berpori-pori besar

Batu alam yang berpori-pori besar akan membuatnya mudah ditumbuhi lumut dan jamur. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan batu alam yang tidak berporositas atau berpori-pori kecil. Meski begitu, pemilihan batu alam yang berporositas pun bukan hal yang fatal, karena dapat dibantu dengan pelapisan cairan coating.

  1. Apabila terkenal coretan atau cat, akan sulit diperbaiki

Beberapa hal biasanya terjadi secara tidak terduga, seperti misalnya batu alam tiba-tiba tergores atau terkena tumpahan cat yang terlanjur mengering. Hal seperti ini akan sulit diperbaiki ataupun dibersihkan. Satu-satunya cara adalah dengan menggantinya dengan batu alam yang baru. Tetapi mengganti dengan yang baru pun bukan hal yang mudah, karena batu alam yang sudah dipasang biasanya tertempel dengan sangat kuat sehingga akan sulit untuk dilepas.

  1. Harga relatif mahal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa harga batu alam relatif lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya. Namun hal tersebut bukanlah tanpa alasan, pasalnya batu alam memang dapat memberikan kesan yang lebih cantik dan lebih kuat dibandingkan material lainnya.

Model Kolam Ikan Batu Alam Terbaru 2019

Berikut kami sajikan beberapa contoh model kolam ikan batu alam terbaru 2019. Sebagian besar contoh model di bawah ini adalah model minimalis yang tidak memerlukan space terlalu luas untuk pembuatannya. Silahkan simak gambarnya di bawah 🙂

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

kolam ikan batu alam

Demikianlah sedikit ulasan kami mengenai kolam ikan batu alam beserta beberapa contoh gambarnya. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

Taman Kolam Batu Alam, Solusi Kesegaran Tempat Bersantai Keluarga

Aplikasi Batu Koral untuk Penghias Taman Kolam

Desain Taman Batu Alam | Cara Mempercantik Halaman Rumah

Kolam Minimalis Ala Dekoruma

Harga Batu Alam Cirebon Termurah, Langsung dari Pabrik – 2019

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *