jenis batu alam

Ulasan Singkat 6 Jenis Batu Alam Terpopuler | CV. Sinergi Stone

Sejarah Batu Alam di Indonesia

Jenis batu alam di Indonesia jumlahya sangat banyak. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya batu alam. Berbagai macam jenis batu alam yang ada di Indonesia telah menjadi andalan untuk pembuatan berbagai macam seni seperti patung, candi dan beragam peninggalan sejarah lainnya. Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Kalasan, Candi Arjuna dan candi candi lainnya merupakan bukti nyata bahwa batu alam sudah digunakan dan sudah ada sejak jaman dahulu.

Penggunaan batu alam pada masa modernisasi dimulai dari awal tahun 1960-an, dimana batu alam telah digunakan sebagai bahan bangunan, namun masih menggunakan alat-alat sederhana seperti pahat. Pada sekitar tahun 1970-an, para pengrajin batu alam berbakat mulai menggunakan alat-alat seperti gergaji untuk memotong batu alam.

Kemudian, pada awal 1980-an dimulai putaran baru batu alam di Indonesia yang mana batu alam mulai menggunakan mesin pemotong, hal ini ditandai dengan dibangunnya Candi Borobudur. Sejak saat itu industri batu alam mulai berkembang pesat hingga sekarang.

Jenis Batu Alam Berdasarkan Proses Pembentukannya

Terdapat berbagai jenis batu alam di Indonesia yang dibedakan berdasarkan proses pembentukannya, di antaranya :

1. Batuan Beku (Igneous Rocks)

Batuan beku merupakan jenis batuan yang berasal dari terbentuknya magma yang mengalami pembekuan. Ciri utama dari jenis batu alam yang pertama ini adalah sifat fisiknya yang keras dan padat, sehingga baik apabila akan digunakan untuk pembuatan jalan ataupun lantai. Berikut jenis batu alam terpopuler yang termasuk ke dalam batuan beku :

  • Batu Andesit
jenis batu alam
Batu Andesit

Jenis batu balam ini sudah digunakan untuk bangunan dan perkakas sejak jaman dahulu, baik untuk pembuatan sarkofagus, lumpang batu, meja batu, arca, dan lain sebagainya. Saat ini batu andesit semakin populer dan banyak digunakan untuk menghiasi bangunan-bangunan rumah.

Secara fisik batu andesit berwarna abu-abu. Terdapat perbedaan warna abu-abu pada setiap kota dimana batu andesit ini berasal. Jenis batu alam ini memiliki karakteristik yang keras, padat, dan tahan gores. Inilah yang membuatnya menjadi batu alam yang paling populer dan paling banyak digunakan masyarakat.

  • Batu Candi
jenis batu alam
Batu Candi

Seperti namanya, batu candi memang jenis batu alam yang digunakan untuk pembuatan candi-candi yang ada di Indonesia. Dari sini sudah dapat dilihat bahwa batu candi memiliki tingkat kekuatan yang baik, bahkan dapat bertahan selama ribuan lamanya.

Secara fisik batu candi hampir mirip dengan batu andesit, hanya saja batu candi memiliki pori-pori yang cukup jelas. Pori-pori ini dapat membuat batu candi mudah ditumbuhi lumut, sehingga apabila ingin menggunakannnya pada eksterior sebaiknya dilapisi dengan cairan coating.

2. Batuan Sedimen (Sedimentary Rocks)

Batuan sedimen merupakan jenis batuan yang terbentuk dari hasil endapan (sedimentasi) lapisan-lapisan tanah dan zat-zat kimia yang dihanyutkan air. Jenis batuan ini terdiri dari batuan batu gamping, batu kuarsa, tufa, dan konglomerat. Berikut jenis batu alam terpopuler yang termasuk ke dalam batuan sedimen :

  • Batu Palimanan
jenis batu alam
Batu Palimanan

Sesuai dengan namanya, batu palimanan memang berasal dari daerah Palimanan, Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Ciri khas batu alam ini adalah warna dan coraknya yang indah, berbeda dengan jenis batu alam lainnya. batu palimanan juga mudah beradaptasi dengan elemen bangunan, baik interior maupun eksterior.

Namun batu palimanan memiliki karakteristik yang rapuh dan berporositas tinggi, sehingga wajib melapisinya dengan coating apabila ingin mengaplikasikannya pada eksterior bangunan.

  • Batu Paras Jogja
jenis batu alam
Batu Paras Jogja

Paras jogja berasal dari daerah Wonosari, Yogyakarta. Batu ini terkenal dengan warnanya yang seputih salju, meskipun sebenarnya batu paras jogja memiliki 2 warna, yaitu putih dan krem. Paras jogja ini sangat polos tanpa ada motif ataupun serat di dalamnya.

Karakteristik batu paras jogja hampir sama seperti batu palimanan yang cenderung rapuh dan berpori-pori sehingga kurang cocok untuk diaplikasikan pada eksterior bangunan, namun akan sangat cantik diaplikasikan pada interior bangunan.

3. Batuan Metamorf (Metamorphic)

Jenis batuan yang terakhir ini disebut juga dengan batuan malihan. Batuan metamorf atau batuan malihan merupakan jenis batuan yang berasal dari perubahan tekanan dan suhu bumi dari tipe batuan yang sudah ada sebelumnya (bermetamorfosis).

  • Batu Marmer
jenis batu alam
Batu Marmer

Jenis batu alam ini terbentuk dari hasil metamorfosis batu kapur dan batu gamping. Batu marmer seringkali kita jumpai untuk menghiasi suatu bangunan atau bahkan furniture, karena memang coraknya yang sangat indah dan mengkilap.

Selain karena coraknya yang indah, batu marmer juga banyak disukai karena karakteristiknya yang mudah dibentuk namun tahan lama. Bangunan atau furniture yang menggunakan batu marmer juga akan memiliki nilai jual yang tinggi dan terkesan berkelas.

  • Batu Templek
jenis batu alam
Batu Templek

Templek atau lempeng ditambang secara manual di daerah perbukitan dan tepian sungai. Jenis batu alam ini dinamakan lempeng karena memang bentuknya yang menyerupai lempengan tipis. Batu ini berkarakteristik seperti batu andesit yang keras, padat, dan tahan terhadap cuaca.

Jenis batu ini cocok diaplikasikan untuk interior maupun eksterior bangunan. Pemasangannya pun relatif mudah, namun tetap harus hati-hati apabila akan mengaplikasikannya dengan bentuk yang tidak beraturan.

===============================================================================

Baca juga :

7 Jenis Batu Alam Dinding Berkarakteristik Keras & Padat

Mengenal Lebih Dekat Ciri-Ciri Batu Andesit

Model Batu Alam Untuk Dinding Terbaru (2019)

Keramik Batu Alam Dari 6 Motif Jenis Batu Alam Cirebon

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

1 thought on “Ulasan Singkat 6 Jenis Batu Alam Terpopuler | CV. Sinergi Stone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *