cara memilih batu alam

Cara Memilih Batu Alam yang Tepat

Cara memilih batu alam – Batu alam merupakan salah satu material yang digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan sejak jaman dahulu, khususnya untuk proses penyelesaian akhir (finishing). Hingga kini batu alam masih menjadi material yang paling populer dan banyak disukai masyarakat.

Jenis-jenis Batu Alam

Ada banyak jenis batu alam, namun tidak semuanya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan. Sebelum mengetahui cara memilih batu alam, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis batu alam yang ada. Berikut beberapa jenis batu alam yang paling populer sebagai bahan bangunan, di antaranya :

  1. Batu Andesit

cara memilih batu alam
Batu Andesit

Andesit merupakan salah jenis batuan beku vulkanik yang memiliki karakterisik keras, padat, dan tahan gores. Secara fisik batu andesit berwarna abu-abu, namun beberapa andesit memiliki sentuhan warna lain seperti kehitaman atau kehijauan, tergantung darimana batu andesit tersebut berasal.

Dari karakteristik yang dimilikinya, batu andesit sangat cocok diaplikasikan di bagian rumah manapun baik interior, eksterior, bahkan pagar luar rumah sekalipun. Jenis batu ini tidak akan mudah berlumut dan rusak meskipun adanya perubahan cuaca yang tidak menentu.

  1. Batu Candi

cara memilih batu alam
Batu Candi

Seperti namanya, batu candi merupakan jenis batu alam yang digunakan sebagai bahan pembuatan candi-candi yang ada di Indonesia. Dari sini sudah dapat disimpulkan bahwa batu candi memiliki kekuatan yang patut diperhitungkan sebagai bahan bangunan.

Secara fisik, batu candi hampir mirip dengan batu andesit. Hanya saja, batu candi terlihat memiliki pori-pori yang membuatnya cenderung mudah ditumbuhi lumut. Namun tentunya hal tersebut bukanlah masalah, karena dapat diatasi dengan pelapisan cairan coating setelah pemasangan batu candi selesai.

  1. Batu Palimanan

cara memilih batu alam
Batu Palimanan

Jenis batu alam berikut ini berasal dari Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Batu palimanan merupakan jenis batu alam yang terbilang unik karena berwarna krem kekuningan dengan corak berwarna cokelat yang tidak beraturan.

Dengan keunikan fisik yang dimilikinya, sayangnya batu palimanan memiliki karakteristik yang cenderung mudah rapuh dan berpori-pori, sehingga kurang cocok diaplikasikan pada eksterior rumah. Namun jika ingin menggunakannya untuk eksterior rumah, wajib melapisinya dengan cairan coating.

  1. Batu Templek

cara memilih batu alam
Batu Templek

Jenis batuan metamorf berikut ini biasa dikenal dengan batu lempeng atau slate. Dinamakan batu templek atau batu lempeng karena batu ini menyerupai lempengan tipis yang umumnya berbentuk segilima tak beraturan, sehingga lebih menampilkan kesan alami.

Batu templek berkarakteristik persis seperti batu andesit yang keras, padat, dan tahan gores. Inilah mengapa seringkali batu templek ditemukan sebagai pelapis pagar, jembatan, bahkan jalan setapak. Jenis batu alam ini cukup populer dan mudah ditemukan dimanapun.

  1. Batu Paras Jogja

cara memilih batu alam
Batu Paras Jogja

Salah satu jenis batuan sedimen berikut ini memiliki keunikan dari segi warnanya yang seputih salju. Sebenarnya batu paras jogja memiliki dua warna, yaitu putih dan krem polos tanpa corak apapun. Kedua warna tersebut sama-sama indah, hanya saja warna putih lebih menarik perhatian masyarakat.

Batu paras jogja lebih cocok diaplikasikan pada interior rumah dibandingkan eksterior. Dari tampilannya, batu ini akan membuat ruangan tampak terang. Jika ingin mengaplikasikannya pada eksterior rumah, pastikan untuk meng-coatingnya secara rutin setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali.

  1. Batu Marmer

cara memilih batu alam
Batu Marmer

Sama seperti batu templek, batu marmer juga termasuk ke dalam batuan metamorf yang berasal dari rekristilasiasi batu kapur. Batu marmer memiliki corak yang berbeda-beda antara batu satu dengan yang lainnya karena terbentuk secara alami.

Jenis batu ini seringkali digunakan untuk menghiasi dinding ataupun lantai rumah, bahkan furniture seperti meja dan kursi. Kelebihan dari batu marmer adalah permukaannya yang halus dan mengkilap, selain itu batu ini juga berpori-pori sedikit sehingga tidak akan mudah terserang jamur.

  1. Batu Koral Sikat

cara memilih batu alam
Batu Koral Sikat

Jenis batu alam berikut ini merupakan yang paling sering kita jumpai sebagai penghias lantai, taman, atau kolam. Batu koral sikat memiliki berbagai macam ukuran warna, sehingga memudahkan dalam pemilihan ketika hendak membelinya.

Karakteristik batu kora sikat adalah keras dan berporositas rendah. Inilah mengapa ia cocok diaplikasikan pada taman dan kolam. bahkan batu koral sikat dapat dimanfaatkan sebagai alat pijak refleksi jika mengaplikasikannya dengan permukaan lantai yang menonjol-nonjol.

Cara Memilih Batu Alam

Setelah mengetahui beberapa jenis batu alam yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan, kini saatnya mengetahui bagaimana cara memilh batu alam yang baik sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara memilih batu alam yang tepat :

  • Perhatikan Sifat Batu Alam

Seperti yang kita ketahui bahwa batu alam memang saat ini tengah menjadi primadona di antara material lainnya. Para pemilik rumah, ruko, hotel, restoran, hingga gedung-gedung bertingkat seolah berlomba-lomba dalam mempercantik bangunannya dengan sentuhan batu alam. Padahal, batu alam yang mereka pilih belum tentu cocok untuk diaplikasikan pada tempat yang mereka inginkan. Hal ini akan menimbulkan masalah yang diakibatkan oleh ketidakpahaman tentang batu alam.

Sebelum memutuskan untuk membeli batu alam, alangkah baiknya untuk memperhatikan sifat-sifat batu alam terlebih dahulu, karena bisa jadi nantinya batu alam yang Anda pilih justru akan merusak penampilan dari bangunan yang Anda miliki.

Cara memilih batu alam yang pertama adalah dengan memperhatikan sifat-sifat batu alam, yaitu solid atau non solid. Batu alam solid umumnya bersifat keras, padat, kuat, dan tidak mudah patah. Batuan ini juga tidak menyerap air karena tidak berpori-pori, sehingga tidak akan mudah ditumbuhi lumut. Batu solid biasa digunakan untuk elemen eksterior maupun interior.

Contoh: Batu Andesit, Batu Templek, dll.

Sedangkan untuk batu non solid lebih cocok untuk interior, karena tidak terkena sinar matahari secara langsung. Batu non solid bersifat lembut, berporositasm dan mudah patah. Pori-pori yang ada pada batu akan membuatnya mudah ditumbuhi lumut, karena air lebih mudah terserap.

Contoh: Batu Palimanan, Batu Paras Jogja, dll.

  • Sesuaikan dengan Konsep Rumah

Cara memilih batu alam yang ke dua adalah menyesuaikannya dengan konsep atau gaya rumah. Bangunan berkonsep minimalis sebaiknya menggunakan batu alam yang berwarna kalem dengan tekstur polos, agar tampak lebih menyatu dengan konsep bangunan.

Untuk rumah berkonsep tropis sebaiknya menggunakan batu alam dengan pola pemasangan yang fleksibel, seperti pola koboi bandung atau pola acak. Untuk batu alam yang dipilih sebaiknya yang berwarna kalem atau gelap, seperti batu andesit, batu candi, salagedang, dll.

Bangunan rumah berkonsep tradisional modern akan tampak indah jika menggunakan batu alam bersifat alami seperti batu kali, batu templek, batu purwakarta, dll. Batu-batu ini akan lebih menyatu dengan konsep bangunan dibandingkan batu lainnya.

Untuk rumah yang berkonsep klasik European atau mediterania, batu alam semiformal yang elegan dan kokoh akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Contoh batu alam ini di antaranya batu pacitoroso, batu palimanan, batu baligreen, dan paras jogja.

  • Sesuaikan dengan Anggaran

Seperti yang kita ketahui bahwa harga batu alam tidaklah semurah material lainnya. meski begitu harga batu alam cukup beragam, mulai dari Rp 60.000 – Rp 200.000 per meter persegi. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dan pemasangan. Namun saat ini telah banyak toko material yang menawarkan harga paket yang sudah termasuk batu alam, biaya pemasangan, dan ongkos kirim ke daerah Anda.

Jenis batu alam dan pola pemasangan akan menentukan besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, lakukan survey terlebih dahulu agar tidak salah menentukan harga. Apabila sekiranya biaya yang tersedia cukup terbatas, kombinasikan batu alam yang mahal dengan batu alam yang ekonomis.

Jual batu alam Cirebon pengiriman ke Seluruh Indonesia : CV. Sinergi Stone

  • Perhatikan Bahan Lain yang Digunakan

Bahan-bahan lain yang dimaksud adalah adonan spesi, coating, dan ornament. Untuk adonan spesi, pilihlah semen khusus yang memang diperuntukkan untuk spesi. Harga yang ditawarkan memang relatif lebih mahal, tetapi kualitas yang dijanjikan tentunya lebih baik dibandingkan semen biasa.

Untuk penggunaan coating bertujuan sebagai pelindung batu alam dari cuaca yang tidak menentu. Coating cukup dilakukan untuk pengaplikasian batu alam di eksterior rumah, sedangkan untuk interior tidak perlu pelapisan coating.

Ornament atau relief bukanlah sesuatu yang wajib digunakan. Hanya saja, bagi seseorang yang berjiwa seni tinggi, ornament pada batu alam akan menjadi sesuatu yang cukup penting. ornament biasa dipasang pada bidang yang luas agar tidak terkesan monoton.

  • Perhatikan Kreatifitas Dalam Pemasangan

Cara memilih batu alam yang terakhir adalah memperhatikan kreatifitas dalam pemasangan batu alam itu sendiri. Pola pemasangan batu alam yang kreatif akan menentukan besarnya biaya yang dikeluarkan, karena jumlah batu yang dibutuhkan tentunya mengikuti pola pemasangan yang akan diterapkan.

Sebenarnya keindahan tidak ditentukan oleh harga batu alam yang mahal. Apabila Anda kreatif dalam pemasangan batu alam, jenis batu yang murah pun akan tampak indah, asalkan serasi dengan konsep dan proporsi bangunan rumah Anda secara keseluruhan.

Demikianlah beberapa cara memilih batu alam yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terakit :

Tips Memilih Batu Andesit di Cirebon

Top 10 Motif Batu Alam Untuk Dinding Luar Rumah Terpopuler

5 Desain Dinding Interior Batu Alam Variasi Pola Pemasangan Eropa

5 Jenis Batu Alam Untuk Pagar Terbaik, Keren & Modern!

Daftar Harga Batu Alam Terlengkap 2019 (Per M²)

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *