pemasangan keramik batu alam

Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Pemasangan Keramik Batu Alam

Cara Pemasangan Keramik Batu Alam – Ada beberapa jenis material yang biasa digunakan sebagai bahan pelapis lantai, seperti tegel, kayu, batu alam, keramik, dan lain sebagainya. Dari beberapa material tersebut, keramik lah yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Seiring dengan perkembangan di dunia arsitektur, model dan motif keramik semakin banyak. Dari yang polos, hingga yang bercorak random. Namun, motif yang paling banyak diminati adalah motif batu alam, karena terlihat unik dan indah alami.

Keramik Batu Alam

pemasangan keramik batu alam

Keramik batu alam dibuat karena masyarakat menyukai keindahan dari batu alam asli, tetapi kesulitan dalam mengaplikasikannya, sehingga dibuatlah batu alam dalam bentuk lempengan-lempengan keramik agar pengaplikasiannya lebih mudah dan rapi.

Kelebihan Keramik Batu Alam

Ada beberapa kelebihan keramik batu alam yang membuatnya lebih unggul dari beberapa sisi dibandingkan dengan batu alam asli, di antaranya :

  • Warna dan motif seragam
  • Ukurannya simetris
  • Lebih ringan dibandingkan dengan batu alam asli
  • Mudah diaplikasikan meskipun bukan oleh tukang yang ahli
  • Harga relatif terjangkau

Kekurangan Keramik Batu Alam

Ada kelebihan, tentunya ada kekurangan. Begitu pula dengan keramik batu alam. Meskipun memiliki beberapa kelebihan dibandingkan batu alam asli, namun keramik batu alam memiliki kekurangan, di antaranya :

  • Tidak menyerap panas
  • Memantulkan cahaya
  • Licin
  • Tipis, sehingga cenderung mudah pecah

Pertimbangan Dalam Memilih Keramik Batu Alam

Terdapat 3 hal yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih keramik batu alam, antara lain :

  1. Ukuran

Umumnya, semua jenis keramik batu alam terbagi ke dalam 3 ukuran yang berbeda-beda. Ukuran yang pertama yaitu ukuran kecil mulai dari 20 cm x 20 cm hingga 30 cm x 30 cm. ukuran kedua yaitu ukuran sedang mulai dari 20 cm x 40 cm hingga 30 cm x 60 cm, selain itu ada juga yag berbentuk persegi dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Ukuran terakhir yaitu ukuran besar mulai dari 50 cm x 50 cm hingga 60 cm x 120 cm. Ukuran-ukuran tersebut bukanlah patokan mutlak keramik batu alam, karena biasanya dapat dipesan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Hal perlu diketahui adalah keramik berukuran kecil akan membuat ruangan tampak luas dan penuh. Begitu juga dengan keramik dengan ukuran besar, tetapi bedanya keramik berukuran besar tidak akan membuat ruangan tampak penuh. Inilah yang membuat keramik berukuran besar lebih diminati dibandingkan keramik berukuran kecil.

  1. Tekstur

Untuk pemilihan tekstur, sebaiknya disesuaikan dengan lokasi dimana keramik tersebut akan diaplikasikan. Keramik bertekstur halus dan mengkilap pada ruang tamu atau ruang keluarga agar dapat memunculkan kesan mewah dan elegan. Tekstur keramik batu alam yang halus juga lebih mudah dibersihkan, sehingga tidak akan merepotkan apabila ruangan tersebut kotor.

Sebaliknya, untuk ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan anak tangga, gunakan keramik bertekstur kasar dan matte. Keramik bertekstur kasar tidak licin apabila terkena air, sehingga akan lebih aman untuk ruangan-ruangan tersebut. Selain itu, karena teksturnya yang kasar maka sulit dibersihkan dan kurang cocok diaplikasikan pada ruangan-ruangan utama di dalam rumah.

  1. Warna dan Motif

Banyaknya warna dan motif keramik batu alam mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan dalam memilih. Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk memilih warna keramik batu alam, cukup disesuaikan dengan warna cat dinding rumah atau sesuaikan dengan warna favorit Anda.

Pilihlah warna-warna cerah netral seperti putih atau cream agar ruangan selalu tampak terang. Atau jika ingin sesuatu yang luar biasa, pilihlah keramik batu alam dengan warna-warni namun tetap membumi, seperti cokelat, keemasan, abu-abu muda, atau emerald green. Warna-warna tersebut dapat memberikan kesan mewah dan klasik pada rumah Anda.

Cara Pemasangan Keramik Batu Alam

Setelah mengetahui kelebihan kekurangan keramik batu alam dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilihnya, kini perhatikanlah cara pemasangan keramik batu alam yang benar dan paling mudah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Sebelum memulai pemasangan keramik batu alam, pastikan bahwa lantai yang akan dipasangi keramik dalam keadaan bersih. Cara membersihkannya cukup dengan menyiramnya dengan air, lalu keringkan. Kondisi lantai harus cukup kering dan rata air agar pemasangan keramik batu alam lebih mudah dan cepat dilakukan.

2. Buatlah tulangan sebagai patokan letak keramik yang akan dipasang. Tulangan ditentukan dengan mempetimbangkan tata letak ruangan. Kerapian pemasangan keramik batu alam ditentukan dari seberapa rapi tulangan yang dibuat, sehingga harus hati-hati.

3. Basahi atau rendam keramik batu alam yang akan dipasang. Hal ini bertujuan agar keramik batu alam dapat menempel dengan sempurna agar tidak mudah terlepas dari bidang lantai.

4. Tarik benang rata air pada setiap jalur pemasangan keramik batu alama agar hasil yang didapatkan lebih rapi dan lurus. Untuk itu, pastikan bahwa benang sudah terpasang lurus antara sisi satu dengan sisi lainnya.

5. Usahakan agar adukan semen yang diaplikasikan pada bagian bawah bidang lantai terisi penuh dan rata sempurna, agar permukaan lantai nantinya tidak bergelombang ketika dipijak.

pemasangan keramik batu alam

6. Tempelkan keramik batu alam satu persatu dan pastikan bahwa keramik sudah menempel sempurna pada lantai dengan cara menekan atau mengetuknya dengan palu.

7. Aplikasikan nat dengan lebar kurang lebih 4 – 5 mm dengan campuran grout yang berkualitas baik agar pemasangan lebih erat dan tidak mudah terlepas.

8. Setelah selesai pemasangan, bersihkan bekas-bekas adukan dan grout dari permukaan keramik batu alam agar tidak menimbulkan bekas yang mengering dan sulit dibersihkan di kemudian hari.

PENTING!!!

Kerjakan pemasangan keramik batu alam pada lantai di tahap akhir pembangunan rumah untuk menghindari kerusakan akibat pekerjaan bagian rumah lainnya yang belum selesai.

Demikianlah beberapa informasi mengenai pemasangan keramik batu alam pada lantai agar hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

5 Keramik Batu Alam Paling Populer

Ide Desain Keramik Motif Batu Alam Untuk Lantai & Dinding

Perbandingan Batu Alam dan Keramik

9 Contoh Pengaplikasian Keramik Motif Batu Alam Pada Dinding & Lantai Rumah

Keramik Batu Alam Dari 6 Motif Jenis Batu Alam Cirebon

Ulasan Singkat 6 Jenis Batu Alam Terpopuler | CV. Sinergi Stone

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

batu andesit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *