desain taman batu alam

Desain Taman Batu Alam | Cara Mempercantik Halaman Rumah – CV. Sinergi Stone

Desain taman batu alam – Di daerah perkotaan, kebisingan dan polusi udara sudah menjadi santapan sehari-hari yang sangat sulit untuk dihindari. Meski begitu, sebenarnya hal tersebut dapat dikurangi apabila masing-masing rumah memiliki setidaknya sedikit area untuk taman.

Taman adalah sebuah area atau lahan yang ditanami dengan berbagai macam tumbuhan dan dihiasi elemen-elemen tambahan lainnya yang bermanfaat bagi manusia. Elemen-elemen tambahan yang dimaksud adalah seperti kolam ikan, jalan setapak, gazebo, ayunan, lampu, dan lain sebagainya.

Fungsi Taman Secara Umum

Memiliki taman di halaman rumah akan memberikan manfaat bagi para penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya, yaitu :

1. Mempercantik Halaman Rumah

Tujuan utama dibuatnya taman pastinya adalah untuk menambah kecantikan tampilan rumah. Adanya berbagai jenis tumbuhan dan bunga yang berwarna-warni akan membuat rumah terlihat lebih segar dan indah. Bahkan rumah yang berdesain sederhana pun akan tampak indah jika memiliki taman yang cantik pada halamannya.

2. Menyerap Polusi Udara & Menghasilkan Oksigen

Di dalam taman tentunya ada berbagai jenis tumbuhan yang dapat menyaring udara kotor dan menyerap karbondioksida. Selain itu, tumbuhan yang ada juga akan menghasilkan oksigen dari hasil fotosintesis yang dilakukan oleh daun pada siang hari. Seperti yang kita ketahui, karbondioksida dapat memberi pengaruh buruk bagi kesehatan. Dengan adanya taman pada halaman rumah, lingkungan di sekitar rumah akan menjadi lebih sejuk dan segar sehingga lebih baik untuk kesehatan.

3. Sebagai Area Resapan Air Hujan

Di daerah perkotaan, adanya taman dapat membantu mengurangi banjir. Seperti yang ketahui bahwa di daerah perkotaan sudah sangat jarang ditemui tanah sebagai jalan air hujan meresap. Taman tentunya dibangun di atas lahan tanah yang dapat menyerap air hujan. Dengan adanya taman, tentunya air hujan lebih mudah pergi dan otomatis mengurangi resiko terjadinya banjir.

4. Menyegarkan Pikiran

Apabila Anda adalah seorang pekerja yang kerap merasa lelah dan stress setelah seharian bekerja, tentunya hal yang dibutuhkan ketika pulang adalah sesuatu yang menyegarkan pikiran. Cobalah untuk duduk bersantai di sekitaran taman sambil menikmati hembusan angin. Hal ini akan sangat memberikan dampak positif bagi pikiran Anda dan membantu menyegarkan kembali tubuh yang lelah.

5. Sebagai Tempat Bersantai Keluarga

Apabila biasanya para anggota keluarga berkumpul di ruang keluarga untuk bersantai bersama, maka taman belakang rumah juga dapat menjadi alternatif lain yang tidak kalah asyik. Selain itu, anak-anak juga dapat bermain di sekitaran area taman. Hal ini dapat membantu anak terhindar dari kecanduan bermain gadget dan lebih ramah terhadap lingkungan sekitarnya.

6. Sebagai Tempat Menyalurkan Hobi

Biasanya seorang istri / wanita memiliki hobi berkebun dan mengoleksi tumbuhan. Dengan adanya taman di sekitaran rumah, hobi positif ini akan dapat tersalurkan dengan mudah. Terlebih jika hobi ini ditekuni dengan baik, bukan tidak mungkin bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan.

Desain Taman Batu Alam

Batu alam bukanlah sesuatu yang terdengar asing apabila sedang membahas tentang taman dan seputarnya. Penggunaan batu alam untuk taman sudah dilakukan sejak lama, baik sebagai material pembuatan dinding taman, kolam ikan, air mancur, jalan setapak, atau sebagai taburan pada lantai taman.

Jenis batu alam yang biasa digunakan untuk desain taman batu alam adalah batu koral, batu andesit, dan batu candi. Masing-masing dari jenis batu alam tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut sedikit penjelasannya :

  • Batu Koral

Batu koral adalah jenis batu alam yang paling umum digunakan untuk taman. Jenis batu ini berkarakteristik keras, padat, dan tidak berporositas. Biasanya batu koral ditaburkan pada bagian lantai taman untuk menemani rumput atau sebagai pengganti rumput agar lantai taman tidak mudah becek.

Selain itu, batu koral juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Pengaplikasian batu koral pada bagian lantai yang permukaannya dibuat menonjol dapat bermanfaat sebagai area terapi pijat kaki. Hal ini membuat batu koral menjadi batu alam untuk taman yang paling populer.

  • Batu Andesit

Jenis batu ini mungkin sudah sangat familiar di telinga Anda. Andesit merupakan jenis batu alam yang paling populer sebagai bahan bangunan karena karakteristiknya yang keras, tidak berporositas, dan tahan terhadap goresan. Batu ini sudah digunakan untuk desain taman batu alam sejak lama.

Seperti yang kita ketahui bahwa batu yang tidak berporositas merupakan jenis batu yang bagus untuk diterapkan pada area lembab karena tidak licin dan tidak mudah berlumut. Selain itu, batu andesit juga memiliki kemampuan menyerap suhu panas dan tidak memantulkan cahaya, sehingga akan membuat taman terasa sejuk dan tidak terlalu panas.

Pengaplikasian batu andesit untuk desain taman batu alam dapat dibuat untuk jalan setapak, kolam ikan, atau yang lainnya.

  • Batu Candi

Pemanfaatan batu candi untuk desain taman batu alam hampir sama seperti batu andesit. Kedua jenis batu ini memang memiliki karakteristik yang sama, yaitu sama sama kokoh dan berwarna gelap.

Kekuatan batu candi dapat dilihat dari masih berdirinya candi-candi yang ada di Indonesia sejak dibangun ribuan tahun lamanya. Meskipun batu candi berporositas dan mudah ditumbuhi lumut, jika dirawat dengan baik maka akan tetap awet hingga waktu yang sangat lama.

Pertimbangan Letak Taman

Letak pembuatan taman untuk desain taman batu alam biasanya akan dipengaruhi dari luas atau tidaknya lahan yang tersedia. Biasanya hal ini menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah perumahan minimalis dengan halaman yang sempit, sehingga membatasi pemilik rumah untuk berkreasi dalam membuat taman.

Umumnya, taman dibuat pada bagian depan rumah. Namun ada juga yang membuatnya di bagian belakang, dan di samping rumah. Masing-masing lokasi pembuatan taman tentunya memiliki fungsi dan kelebihan kekurangan tersendiri. Berikut desain taman dengan pertimbangan letaknya :

  • Taman Depan Rumah

desain taman batu alam
Taman Depan Rumah

Adanya taman di bagian depan rumah tidaklah harus berukuran besar. Halaman berukuran kecil pada rumah-rumah minimalis pun dapat dimanfaatkan untuk pembuatan taman. Karena bangunan rumah berkonsep minimalis, maka buatlah yang berkonsep serupa.

Taman minimalis dapat dibuat dengan mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak elemen-elemen tambahan. Untuk membuat taman minimalis, yang dibutuhkan hanyalah beberapa tanaman berukuran kecil dan batu alam sebagai penghias.

Jenis batu alam yang digunakan dapat berupa batu koral, batu andesit, ataupun batu palimanan. Masing-masing jenis batu alam memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

  • Taman Belakang Rumah

desain taman batu alam
Taman Belakang Rumah

Mungkin sangat jarang rumah minimalis yang memiliki halaman pada bagian belakang rumah. Tetapi apabila sekiranya ada sisa lahan kosong, sebaiknya dimanfaatkan untuk pembuatan taman. Taman belakang rumah bermanfaat sebagai tempat bersantai keluarga karena lebih bersifat privasi dibandingan taman depan rumah.

Jika lahan yang tersedia cukup luas, buatlah kolam ikan dengan bantuan batu andesit. Jangan lupa untuk menambahkan tempat duduk, ayunan, atau gazebo sebagai elemen tambahan untuk bersantai.

Namun jika lahan yang tersedia sempit, buatlah taman minimalis seperti yang ada pada bagian depan rumah, dengan tambahan satu buah tempat duduk atau ayunan agar tetap dapat digunakan untuk bersantai.

  • Taman Samping Rumah

desain taman batu alam
Taman Samping Rumah

Desain taman di samping rumah biasanya dimiliki oleh rumah yang terletak di sudut atau ujung jalan perumahan dengan adanya kelebihan lahan. Biasanya taman samping rumah memang berukuran relatif sempit.

Cara memanfaatkan lahan sempit ini untuk taman cukuplah membuat dinding dengan batu alam. Bila perlu, sertakan air mancur pada dinding tersebut agar lebih menyegarkan. Hal sederhana ini akan membuat perubahan yang signifikan pada kesejukan rumah secara keseluruhan.

Untuk tambahan lainnya, buatlah jalan setapak menggunakan keramik batu alam yang sudah dibentuk seragam agar kesan minimalis tetap terjaga. Kombinasi dinding batu alam dengan jalan setapak akan menghasilkan pemandangan yang indah dan elegan.

Demikianlah desain taman batu alam berdasarkan pertimbangan letaknya. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

Desain Taman Depan Rumah Sederhana Dengan Batu Alam

Trend Dinding Batu Alam Taman Belakang Rumah Terbaru 2019

7 Tips Membuat Taman Minimalis di Dalam Rumah dengan Biaya Rendah!!!

Unik! Inilah Kreasi Terbaik Pemasangan Batu Koral Untuk Taman

Harga Batu Alam Cirebon Termurah, Langsung dari Pabrik – 2019

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *