Home

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, penghuni rumah semakin kreatif dalam mendesain bangunan. Semakin banyak kebutuhan yang berhubungan dengan desain rumah, maka semakin beragam pula material yang bermunculan. Salah satunya adalah batu alam. Meskipun bukan termasuk barang baru, batu alam selalu memiliki daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat sebagai pemanis desain eksterior dan interior bangunan.

Perkembangan jaman saat ini semakin dinamis, sehingga batu alam semakin populer. Munculnya teknologi pemotongan batu alam juga menciptakan berbagai macam bentuk, corak finishing, hingga pola pemasangan. Akibatnya, pengaplikasian batu alam menjadi lebih fleksibel mengikuti tema dan gaya bangunan rumah.

Rumah akan menarik apabila didesain dengan unik dan berbeda baik dari bagian luar maupun dari dalam. Pilihannya jatuh pada batu alam. Pengaplikasian batu alam pada bangunan tak hanya unik, tetapi juga kesan alami dan tuduh pun akan muncul. Hal ini mengapa batu alam semakin populer dan banyak diburu oleh masyarakat untuk menghiasi bangunannya.

Meski sebagian besar masyarakat sudah mengetahui batu alam, tetapi sebagian lagi belum mengenal seluk-beluk batu alam sebagai material bangunan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya bangunan yang salah dalam menempatkan batu alam pada lokasi sebagaimana mestinya. Batu alam yang seharusnya diaplikasikan pada bagian interior, justru diaplikasikan pada bagian eksterior. Begitupun sebaliknya.

Kesalahan penempatan batu alam dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, misalnya kusam, berlumut, berjamur, ataupun mudah terlepas. Ini semua dapat diatasi dengan mudah apabila masyarakat paham dan mengerti bagaimana cara pengaplikasian dan perawatan batu alam yang benar.