jenis batu alam untuk dinding teras

3 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Teras Minimalis

Fungsi Teras Rumah

Jenis Batu Alam Untuk Dinding Teras Minimalis – Teras adalah salah satu bagian atau ruangan yang biasanya dimiliki sebuah rumah pada bagian depan, samping maupun belakang. Keberadaan teras pada sebuah rumah berfungsi sebagai tempat dimana tamu singgah sejenak sebelum masuk ke dalam rumah.

Namun fungsi tersebut berlaku untuk teras bagian depan rumah, beda halnya dengan fungsi teras samping dan belakang rumah. Teras samping rumah biasanya terletak di sebelah kamar atau ruang keluarga sehingga dijadikan sebagai tempat bersantai.

Sedangkan untuk teras belakang rumah memiliki fungsi yang mirip dengan ruang keluarga. Biasanya teras belakang rumah selain digunakan sebagai tempat bersantai, juga digunakan sebagai tempat makan bersama atau melakukan hal menyenangkan lainnya bersama keluarga.

Teras Rumah Minimalis

Adanya teras kini menjadi sebuah kebutuhan bagi rumah dan para penghuninya, karena selain sebagai tempat penerima tamu, teras juga menjadi tolak ukur keindahan rumah itu sendiri. Apabila tampilan teras terlihat menarik, maka orang-orang akan beranggapan bahwa secara keseluruhan tampilan rumah juga menarik dan indah.

Untuk dapat memiliki teras pada bagian depan rumah dengan desain yang indah, tidak harus memiliki rumah yang berukuran besar. Justru saat ini masyarakat lebih menyukai desain rumah minimalis, yaitu rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun berdesain mewah dan elegan.

Bagi rumah minimalis, teras yang dibuat juga tentunya akan “mini” atau cenderung kecil. Namun bukan berarti teras mini ini akan mengurangi keindahan rumah secara keseluruhan. Apabila pandai dalam mengatur dan mendesain teras, maka rumah pun akan terkesan menarik.

Bagaimana Cara Mendesain Teras Agar Tampak Menarik?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat teras menjadi lebih menarik, di antaranya :

  • Menggunakan warna cat dinding yang cerah atau netral menyesuaikan konsep rumah

Penggunaan warna cat dinding yang cerah akan menampilkan energy positif dan menarik perhatian orang sekitar. Namun apabila kurang menyukai penggunaan warna cerah, Anda dapat menggantinya dengan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau cream, disesuaikan dengan konsep bangunan rumah Anda.

  • Meletakkan beberapa tanaman

Peletakkan tanaman pada teras memang merupakan hal yang biasa dilakukan, hanya saja biasanya masyarakat cenderung asal dalam memilih jenis tanaman yang digunakan. Jenis tanaman yang bagus untuk diletakkan pada teras adalah tanaman gantung atau tanaman dengan pot yang tidak terlalu besar. Untuk kesan rumah yang berwarna, dapat menggunakan jenis tanaman bunga warna-warni. Sedangkan untuk kesan rumah yang elegan, gunakan tanaman berwarna hijau.

  • Menggunakan property yang unik

Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang harus diwajibkan, karena ada beberapa orang yang tidak meletakkan property apapun untuk teras mereka. Namun property juga dapat menambah nilai keindahan teras rumah apabila dipilih dan ditempatkan dengan baik sesuai porsinya. Untuk rumah minimalis sebaiknya memilih jenis property yang minimalis pula agar tidak jomplang dan seakan memenuhi teras.

  • Menggunakan jenis lampu led tempel dinding

Biasanya orang-orang menggunakan jenis lampu gantung yang ditempelkan pada atap eternit. Hal ini tidaklah salah, hanya saja terkesan monoton dan kurang menarik. Untuk menampilkan kesan yang berbeda, cobalah menggunakan jenis lampu led yang ditempelkan pada dinding. Pilih model lampu yang minimalis dan simple. Untuk warna cahaya lampu sendiri dapat disesuaikan dengan warna cat dinding teras rumah Anda. Warna cat dinding cerah cocok disandingkan dengan lampu led bercahaya putih, sedangkan warna cat dinding netral cocok disandingkan dengan lampu led bercahaya kuning.

  • Melapisi dinding atau tiang teras dengan batu alam

Jika butuh sesuatu yang unik, mewah, dan elegan secara bersamaan sebaiknya Anda mencoba penggunaan batu alam sebagai pelapis dinding teras rumah Anda. Batu alam merupakan jenis material yang telah digunakan sejak jaman dahulu sebagai penghias bangunan agar tampak indah alami. Terdapat beberapa jenis batu alam yang dapat digunakan sebagai penghias teras rumah Anda. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Batu Alam Untuk Dinding Teras Rumah

Hampir semua jenis batu alam dapat digunakan pada teras rumah, namun 3 jenis batu alam ini merupakan yang paling sering digunakan dan paling populer di masyarakat, di antaranya :

  1. Batu Andesit

Jenis batu alam untuk dinding teras yang pertama ini merupakan yang paling populer karena karakteristiknya yang keras, padat, dan tahan terhadap goresan. Karakteristik seperti ini memang merupakan karakteristik terbaik yang dibutuhkan batu alam jika ingin ditempatkan pada teras rumah.

Batu alam yang berkarakteristik seperti ini tidak akan mudah rusak ataupun berlumut meskipun terpapar perubahan cuaca yang tidak menentu seperti panas dan hujan. Warna yang dimiliki batu andesit juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih elegan dan mewah.

  1. Batu Candi

Untuk jenis batu alam untuk dinding teras yang kedua ini, secara fisik tampilannya mirip seperti batu andesit yang berwarna abu-abu kehitaman. Namun ada sedikit perbedaan dari karakteristik keduanya, yaitu pori-pori batu candi cenderung lebih banyak dibandingkan batu andesit.

Jenis batu alam untuk dinding teras yang berkarakteristik seperti ini harus dilapisi dengan coating setelah pemasangan batu alam pada dinding selesai dilakukan, agar tidak mudah rusak dan berlumut karena mudah menyerap air.

  1. Batu Palimanan

Berbeda dengan dua jenis batu alam untuk dinding teras sebelumnya yang berwarna abu-abu, batu palimanan memiliki warna yang cukup unik yaitu kuning dengan corak yang tidak merata. Selain kuning, ada pula batu palimanan yang berwarna cream.

Batu alam berkarakteristik lembut / rapuh dan berpori-pori, sehingga wajib melapisinya dengan coating seperti batu candi. Batu ini banyak disukai masyarakat karena tampilannya yang dapat membuat teras rumah lebih indah alami.

Contoh Desain Teras Rumah Dengan Batu Alam

jenis batu alam untuk dinding teras
Andesit, Rumah 1 Lantai
jenis batu alam untuk dinding teras
Andesit, Rumah 2 Lantai
jenis batu alam untuk dinding teras
Candi, Rumah 1 Lantai
jenis batu alam untuk dinding teras
Candi, Rumah 1 Lantai
jenis batu alam untuk dinding teras
Palimanan, Rumah 1 Lantai
jenis batu alam untuk dinding teras
Palimanan, Rumah 2 Lantai

===============================================================================

Artikel Terkait :

Inilah Kelebihan & Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

Model Batu Alam Untuk Dinding Terbaru (2019)

10 Pola Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Trend Baru 2019

Pemasangan Batu Alam Pada Tiang Teras, Hanya Dengan 5 Langkah Berikut !!!

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-2295-0965 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Jual Batu Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *