batu alam untuk dinding

Pengaplikasian 5 Jenis Batu Alam Untuk Dinding

Pengaplikasian 5 Jenis Batu Alam Untuk Dinding – Dinding merupakan salah satu elemen utama yang wajib ada dalam sebuah bangunan. Umumnya, dinding membatasi suatu bangunan dan menyokong struktur atau elemen lainnya, membatasi / memisahkan ruang-ruang dalam bangunan, dan melindungi suatu ruang di alam terbuka.

Desain dinding merupakan sesuatu yang layak diperhatikan, baik dari segi bahan baku material yang dipakai, warna cat, perawatan, atau yang lainnya. Semua hal tersebut sebaiknya diperhatikan sejak awal pembangunan rumah agar tampilan keseluruhan bangunan rumah tampak lebih indah dan menarik dipadang.

Batu Alam Untuk Dinding

Batu alam merupakan salah satu material yang telah banyak digunakan masyarakat sebagai bahan bangunan, khususnya pada proses finishing. Penggunaan batu alam sebagai penghias bangunan rumah sudah dilakukan sejak jaman dahulu, karena sifatnya yang dapat membuat rumah tampak lebih indah alami dan mewah.

Kelebihan Batu Alam Untuk Dinding

Sebagai material yang tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat, batu alam tentunya memiliki beberapa kelebihan, di antaranya :

1. Terdapat Beragam jenis, motif, warna, dan ukuran.

Batu alam merupakan material alami yang berasal dari alam, sehingga otomatis jenis yang tersedia sangat beragam. Dari masing-masing jenis batu alam tentunya memiliki motif, warna, dan ukuran yang beragam pula. Karena hal ini, Anda menjadi lebih mudah menentukan jenis batu apa yang akan dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan bangunan rumah Anda.

2. Memberikan kesan alami, mewah, dan elegan.

Rumah yang dilapisi dengan batu alam akan tampak lebih indah dibandingkan rumah biasa tanpa batu alam. Tidak peduli berukuran besar atau kecil minimalis sekalipun, jika batu alam diaplikasikan dengan baik dan sesuai konsep maka tampilan rumah akan jauh lebih menarik.

3. Kuat dan tahan lama.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa batu alam merupakan material yang kuat dan tahan lama. Salah satu contoh buktinya adalah dengan masih berdirinya berbagai candi yang ada di Indonesia hingga saat ini. Candi-candi tersebut terbuat dari batu alam candi yang dibangun sejak ratusan bahkan ribuan tahun lamanya.

4. Tidak memerlukan perawatan khusus.

Menggunakan material batu alam untuk dinding rumah tidak memerlukan perawatan atau perlakuan khusus. Hal yang perlu dilakukan hanyalah melapisinya dengan cairan coating setelah batu alam selesai diaplikasikan. Lalu di coating ulang secara rutin dalam jangka waktu setiap 6 bulan – 1 tahun sekali. Coating berfungsi agar batu alam tidak mudah rusak, berlumut, ataupun berjamur. Selain itu, coating juga membuat tampilan batu alam menjadi lebih indah.

5. Fleksibel.

Seperti yang sudah disebutkan batu alam memiliki beragam jenis, motif, warna, dan ukuran. Hal tersebut dapat membuat batu alam mudah dibuat menjadi berbagai macam desain dan model yang beragam sesuai dengan selera, sehingga dinding tidak akan tampak monoton.

6. Membuat harga jual rumah menjadi lebih tinggi.

Karena pada dasarnya harga batu alam memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya, otomatis harga jual rumah pun akan menjadi lebih tinggi. Terlebih dengan adanya nilai plus dari desain rumah yang tentunya indah karena pengaplikasian batu alam.

Kekurangan Batu Alam Untuk Dinding

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, penggunaan batu alam untuk dinding juga memiliki kekurangan, di antaranya :

1. Warna dan corak tidak bisa sama persis / seragam

Batu alam diambil dari proses alami yang tentunya memiliki berbagai corak yang berbeda-beda, meskipun jenis batunya sama. Hal ini dapat menjadi keunikan bagi para pecinta arsitektur, namun bagi orang awam mungkin akan menjadi kekurangan karena tidak terlihat seragam antara satu dan lainnya. Untuk menghasilkan desain yang indah, sebaiknya batu alam diaplikasikan oleh tukang yang sudah ahli dalam bidangnya.

2. Sulit diperbaiki

Apabila suatu saat dinding batu alam terkena kotoran atau tumpahan cat yang terlanjur menempel dan sulit dibersihkan, maka Anda akan kesulitan dalam mengganti batu alam dengan yang baru karena sudah tertempel dengan erat pada dinding rumah.

3. Harga relatif lebih mahal

Seiring dengan kualitasnya yang bagus, harga batu alam memang relatif lebih mahal dibandingkan material lainnya. Jika Anda sedang menghemat budget, mungkin batu alam bukanlah material yang pas untuk Anda.

Pengaplikasian 5 Jenis Batu Alam Untuk Dinding

Terdapat beberapa jenis batu alam untuk dinding yang seringkali kita temui di bangunan-bangunan rumah. Berikut contoh pengaplikasian 5 jenis batu alam untuk dinding :

1. Batu Andesit

batu alam untuk dinding
Batu Andesit

Jenis batu alam untuk dinding yang pertama ini merupakan yang paling keras dan padat. Hal ini membuatnya sangat cocok diaplikasian pada dinding bagian depan rumah, karena tidak akan cepat rusak ataupun berlumut akibat perubahan cuaca.

2. Batu Candi

batu alam untuk dinding
Batu Candi

Secara fisik, tampilan batu candi hampir mirip seperti batu andesit. Batu candi maupun batu andesit sama-sama berwarna abu-abu kehitaman. Begitu pula dengan karakteristiknya yang sama-sama kuat. Hanya saja, batu candi memiliki pori-pori yang membuatnya cenderung mudah ditumbuhi lumut dan jamur. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan batu candi untuk dinding luar rumah sebaiknya dilapisi dengan coating secara rutin.

3. Batu Palimanan

batu alam untuk dinding
Batu Palimanan

Jenis batu alam untuk dinding berikut ini merupakan salah satu batu alam dengan tampilan fisik paling indah. Batu alam memiliki dua warna, yaitu kuning dan krem dengan corak abstrak yang membuatnya tampak unik dan berbeda dengan batu alam lainnya. Kekurangan batu palimanan adalah karakteristiknya yang rapuh dan berpori-pori.

4. Batu Paras Jogja

batu alam untuk dinding
Batu Paras Jogja

Jenis batu alam untuk dinding yang ke empat ini menjadi favorit banyak orang dikarenakan warnanya yang seputih salju. Paras jogja sangat cocok diaplikasikan pada interior rumah untuk menghiasi ruangan-ruangan utama yang memerlukan perhatian khusus. Namun, batu ini juga cocok diaplikasikan pada dinding eksterior rumah dengan syarat dilapisi cairan coating seperti batu palimanan dan batu candi.

5. Wall Cladding

batu alam untuk dinding
Wall Cladding

Jenis batu alam untuk dinding berikut ini merupakan teknik pemasangan batu alam yang menggunakan beberapa warna sekaligus, kemudian disusun secara acak ataupun berurutan. Teknik pemasangan seperti ini akan menampilkan hasil dinding batu alam yang terlihat seperti mozaik.

Demikianlah pengaplikasian 5 batu alam untuk dinding yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

Ulasan Singkat 6 Jenis Batu Alam Terpopuler

Cara Mudah Pemasangan Batu Alam Pada Dinding

Top 10 Motif Batu Alam Untuk Dinding Luar Rumah Terpopuler

Perhatikan! Inilah Cara Coating Batu Alam yang Benar!!!

Harga Batu Alam Cirebon Termurah, Langsung dari Pabrik – 2019

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *