kelebihan dan kekurangan batu alam

Inilah Kelebihan & Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah

Kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah – Seperti yang kita ketahui bahwa batu alam adalah material yang sejak jaman dahulu telah digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan, khususnya pada proses penyelesian akhir (finishing).

Batu Alam Sebagai Bahan Bangunan

Kepopuleran batu alam sebagai bahan bangunan masih berlanjut hingga saat ini. Bahkan kini hampir setiap rumah dan gedung-gedung menggunakan batu alam sebagai variasi desain bangunannya. Hal ini tentunya bukanlah tanpa alasan, itu semua karena batu alam memiliki kelebihan dibandingkan dengan material lainnya.

Namun, meskipun batu alam memiliki berbagai kelebihan, bukan berarti material ini sempurna tanpa cacat dan kekurangan. Tentunya batu alam juga memiliki kekurangan yang setidaknya Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya sebagai bahan bangunan rumah Anda.

Berikut akan kami paparkan beberapa kelebihan dan kekurangan batu alam yang kami harapkan dapat menjadi pertimbangan yang baik bagi Anda. Silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Kelebihan Batu Alam Untuk Rumah

  1. Memberikan kesan alami, mewah, dan elegan

Rumah dan bangunan yang menggunakan batu alam sebagai pelapis dinding akan tampak lebih indah alami, terlebih apabila rumah tersebut berkonsep klasik tradisional. Untuk rumah berkonsep modern dan minimalis, batu alam dapat memberikan tampilan yang mewah dan elegan, meskipun dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar.

  1. Membuat rumah lebih sejuk

Karena batu alam merupakan material yang berasal dari alam, keberadaannya dalam sebuah rumah akan membuat rumah tersebut terasa lebih sejuk dibandingkan dengan rumah yang tidak menggunakan batu alam. Hal ini dikarenakan batu alam dapat menyerap panas yang secara otomatis suhu panas tersebut tidak akan dapat langsung masuk ke dalam rumah.

  1. Kuat dan tahan lama

Seperti yang kita ketahui bahwa batu alam merupakan material yang kuat dan tahan lama. salah satu contohnya adalah dengan masih berdirinya candi-candi di Indonesia yang sudah dibangun sejak ribuan tahun lamanya. Candi-candi tersebut dibuat dengan menggunakan batu alam candi. Hal ini sudah cukup membuktikan bahwa batu alam adalah material yang sangat kuat.

  1. Tidak memerlukan perawatan khusus

Masih terkait dengan point-point sebelumnya, batu alam tidak memerlukan perawatan khusus karena bersifat alami serta kuat dan tahan lama. Keindahan batu alam tidak akan hilang meskipun suatu saat batu alam berlumut, justru kealamiannya akan semakin tampak. Satu hal yang perlu dilakukan agar batu alam tidak mudah berlumut adalah dengan melapisinya dengan coating setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali.

  1. Tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, dan warna

Terdapat berbagai jenis batu alam yang tersedia di Indonesia, seperti batu andesit, batu candi, batu palimanan, dan lainnya. Semua jenis batu alam tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, termasuk ukuran, warna, dan motifnya. Dengan beragamnya jenis batu alam, maka akan mempermudah Anda dalam memilih batu alam mana yang sesuai dengan selera Anda.

  1. Harga jual rumah menjadi lebih mahal

Pada dasarnya harga batu alam memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya. namun hal ini dapat menjadi kelebihan dikarenakan harga jual rumah juga nantinya akan lebih mahal. Terlebih dengan desain rumah batu alam yang biasanya lebih indah, tentunya akan menjadi nilai plus. Semacam berinvetasi pada rumah sendiri.

Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah

  1. Warnanya tidak bisa seragam dan sama persis

Karena diambil dari alam, warna yang dimiliki batu alam tidak bisa seragam antara yang satu dengan yang lainnya meskipun jenisnya sama. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini menjadi kekurangan karena tampilan dinding ataupun lantai menjadi kurang rapi. Namun sebenarnya hal ini dapat menjadi kelebihan karena jika pandai dalam mengaplikasikannya, justru tampilan rumah akan lebih unik.

  1. Ada beberapa batu alam yang mudah berlumut

Tidak semua batu alam memiliki karakteristik yang padat, ada beberapa yang berpori-pori. Batu alam yang berpori-pori akan mudah ditumbuhi lumut dan jamur, karena lebih mudah menyerap air. Namun tidak perlu khawatir, karena hal ini dapat diatasi dengan pelapisan coating setelah selesai pemasangan.

  1. Sulit diperbaiki

Apabila suatu ketika ada orang ireng yang sengaja mencoret-coret rumah Anda dengan cat dan terlanjur mengering, maka akan sangat sulit untuk diperbaiki ataupun dibersihkan. satu-satunya solusi adalah mengganti dengan batu alam yang baru. Hanya saja, melepas batu alam yang sudah merekat dengan sangat kuat pada dinding adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, dinding atau lantai batu alam haruslah dijaga dengan baik.

  1. Harga relatif lebih mahal dibandingkan material lainnya

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa harga batu alam memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya seperti keramik. Meski begitu, harga yang mahal tersebut sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Namun jika Anda sedang menghemat budget, mungkin batu alam bukanlah pilihan yang tepat.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah yang dapat kami uraikan untuk Anda. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

Cara Memilih Batu Alam yang Tepat

7 Jenis Batu Alam Cirebon untuk Dinding Paling Populer

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

Model Batu Alam Untuk Dinding Terbaru (2019)

Jual Batu Alam Dengan Harga Murah

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *