batu koral sikat untuk lantai

7 Langkah Pemasangan Batu Koral Sikat untuk Lantai Paling Mudah

Cara Pemasangan Batu Koral Sikat untuk Lantai Bagi para pecinta alam dan suasana rumah yang lebih alami, menyehatkan dan juga menyegarkan, pemilihan batu alam untuk lantai merupakan suatu hal yang sangat tepat. Batu alam adalah material yang dapat membawa keindahan alami untuk bangunan rumah tanpa perlu effort yang berlebihan.

Ada beberapa jenis batu alam terbaik yang dapat digunakan sebagai pelapis lantai, di antaranya adalah batu andesit, batu templek, batu candi, dan batu koral sikat. Semua jenis batu tersebut memiliki karakteristik yang keras dan cenderung berpori-pori kecil, sehingga sehingga akan cukup tahan lama dan tentunya tidak mudah pecah.

Pemanfaatan Batu Koral Sikat

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pemasangan batu koral untuk lantai. Batu koral dikenal sebagai material yang digunakan sebagai penghias taman. Jenis batu alam ini biasanya ditaburkan pada bagian lantai taman ataupun dibuat sebagai pelapis permukaan jalan setapak taman yang dibuat menonjol. Selain itu, batu koral sikat juga seringkali digunakan untuk mempercantik lantai carport atau garasi.

Hal yang membuat batu koral sikat banyak disukai masyarakat adalah karena ukuran dan warnanya yang beragam. Batu koral sikat memiliki berbagai macam warna seperti putih, hitam, krem, merah, hijau, dan lainnya. Dengan variasi warna yang dimilikinya, masyarakat dapat lebih mudah membuat berbagai macam desain lantai sesuai dengan yang diinginkan.

batu koral sikat untuk lantai
Batu Koral Sikat

Tapi mesti begitu, masih banyak orang kesulitan dalam membuat desain yang cantik namun tidak monoton. Kebanyakan dari mereka kebingungan untuk memadupadankan berbagai warna dan corak dari batu koral yang ada.

Cara Pemasangan Batu Koral Sikat untuk Lantai :

1. Persiapkan media dan desain yang akan digunakan

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pemasangan batu koral sikat untuk lantai adalah mempersiapkan media dan desain yang akan digunakan. Media yang dimaksud disini merupakan permukaan lantai yang akan diaplikasikan batu koral sikat. Usahakan bahwa permukaan lantai bertekstur kasar, agar batu koral sikat dapat benar-benar merekat pada lantai dan tidak mudah terlepas.

Setelah media yang akan digunakan siap, langkah selanjutnya adalah menentukan desain yang akan diterapkan pada lantai tersebut. Mantapkan desain sedemikian rupa agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

2. Persiapkan pembatas atau cetakan

Langkah pemasangan batu koral sikat untuk lantai selanjutnya adalah mempersiapkan pembatas atau cetakan. Hal ini bertujuan agar motif yang dihasilkan dari pemasangan batu alam untuk lantai sesuai dengan permukaan media yang digunakan.

Sebelumnya, pembatas atau cetakan diolesi terlebih dahulu menggunakan oli agar tidak lengket pada saat digunakan. Pengolesan oli ini juga memiliki manfaat untuk membuat cetakan mudah dilepaskan saat sudah kering.

3. Buat adukan semen

Berikut ini merupakan langkah yang paling penting dalam cara pemasangan batu koral sikat untuk lantai. Kekuatan penempelan batu koral sikat pada lantai tergantung pada adonan adukan semen yang dibuat.

Agar batu koral sikat mudah melekat pada lantai, takaran adukan semen yang dianjurkan adalah 1 : 1 antara semen dan pasir. Jika memiliki budget lebih, sebaiknya gunakan jenis semen khusus agar hasilnya lebih sempurna.

4. Masukkan adukan semen

Langkah selanjutnya adalah memasukkan adukan semen. Sebelum memasang batu alam, masukan terlebih dahulu adukan semen ke dalam cetakan yang sudah disediakan tadi. Perhatikan apakah adukan semen sudah terisi dengan padat dan rata.Usahakan agar tidak ada rongga di dalam adukan semen.

5. Penataan batu koral sikat

Apabila adukan semen sudah padat dan merata, langkah selanjutnya adalah menaburkan atau menata batu alam koral sikat di atas adukan semen tadi. Tata batu koral sikat sesuai dengan desain yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah batu koral sikat selesai tertata dengan rapi, tekanlah permukaan lantai koral sikat dengan menggunakan papan atau triplek secara merata dan tunggu hingga kering.

6. Bersihkan permukaan lantai

Setelah semua batu koral sikat tertata dengan baik, bersihkan permukaan batu dengan kain setengah basah sehingga sisa-sisa adukan semen yang menempel di permukaan koral dapat terlepas sebelum mengering dan sulit dibersihkan.

7. Coating jika diperlukan

Coating merupakan kegiatan melapisi permukaan batu koral sikat dengan bahan pelapis agar terhindar dari lumut dan perubahan cuaca. Pelapisan Coating juga berfungsi untuk memperindah tampilan batu alam.

Baca juga : Perhatikan! Inilah Cara Coating Batu Alam yang Benar!!!

Harga Batu Koral Sikat CV. Sinergi Stone

batu koral sikat untuk lantai
Batu Koral Sikat CV. Sinergi Stone

Harga batu koral sikat Pancawarna = Rp. 5.000,-/kg (Gb. 1)

Harga batu koral sikat Hijau             = Rp. 5.000,-/kg (Gb. 2)

Harga batu koral sikat Orange          = Rp. 5.000,-/kg (Gb. 3)

Harga batu koral sikat Merah           = Rp. 5.000,-/kg (Gb. 4)

Harga batu koral sikat Hitam           = Rp. 5.000,-/kg (Gb. 5)

Harga batu koral sikat Putih             = Rp. 5.000,-/kg (Gb. 6)

Demikianlah 7 langkah pemasangan batu koral sikat untuk lantai yang paling mudah beserta daftar harga batu koral produksi CV. Sinergi Stone Cirebon. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Related Posts : 

Lantai Carport Batu Alam Koral Sikat

Perpaduan Cantik Batu Koral Sikat dengan Taman Hijau

Pagar dari Batu Alam Koral Aplikasi Gabion/Bronjong

Gambar Motif Aplikasi Batu Koral Sikat Untuk Lantai dan Harganya

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-2295-0965 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Jual Batu Alam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *